Oleh: sti3mata | 26 September 2008

Sumpah Pemuda

Hari itu, 28 Oktober 2000, bertepatan dengan hari minggu Sumpah Pemuda, seluruh siswa SMU Negeri 1 Samarinda dengan sangat terpaksa dan berat hati harus datang ke sekolah utk mendengarkan ceramah Pak Ilmi yang durasinya sama kya film india, upacara bendera. Ya! Sebagai tunas bangsa yang berdedikasi dan berkomitmen tinggi terhadap kualitas (percis seperti kata2 mutiara di belakang bungkus rokok Dji Sam Soe Filter versi kotak emas) — kita harus menghargai kerja keras dan perjuangan pemuda-pemuda jaman dahulu ketika berniat mempersatukan nusantara dalam cikal bakal negara kesatuan Republik Indonesia.

Tunggul Setiyoadi, seorang juara kelas (setidaknya dalam hidupnya pernah sekali mengecap predikat RANGKING 1, pas cawu 1 kelas 3 IPS 3 — entah kemasukan dedemit apa dulu wali kelas kami memberi peringkat 1 ke tu anak) — pagi itu datang dengan penuh semangat. Ya, semangat! Karena hanya di sekolah-lah dia bisa merokok GRATIS, subsidi dari temen2 sebangkunya.

Di dalam kelas, sudah tampak Rinanti Permatasari, seorang juara kelas lainnya, sedang mencoba membersihkan lantai dengan sapu yg ijuk nya sudah tinggal sedikit. Jam dinding kelas IPS 4 (karna kelas kami ngga punya jam dinding) telah menunjukkan pukul 06:58. Wah, duabelas menit lagi upacara bakal dimulai nih…

Hmm, masih 2 orang. Tapi optimisme tetap terjaga. Para gold-member STI3MATA biasanya emang suka datang ‘terlalu on-time’, pas acara kurang 10 detik, ato pas udah acara baris-berbaris.

Pukul 07:09:33

Pak Ilmi udah siap-siap dengan cingur eh, corong. Upacara sudah nyaris akan dimulai. Ririn, begitu panggilan sayang utk Rinanti, udah rada-rada cemas. Yg datang masih 2 orang. Dia dan Tunggul. Dia cemas, karena yg bertanggung jawab utk ngumpulin rekap absen kelas harian adalah dia. Dan walaupun ini hari minggu, tapi hari ini termasuk hari wajib ngabsen juga…

Pukul 07:10:02

Dengan sangat terpaksa dan hati galau, 2 orang muda mudi yang saling tidak jatuh cinta itu akhirnya ikut serta dalam upacara. Karena hanya berdua, mereka meleburkan diri pada barisan siswa-siswa 3 IPS 4 yang memang sehati-seirama dengan 3 IPS 3. Tetangga sejati… Biarlah cuman berdua, yg penting ‘masih ada perwakilan 3 IPS 3’ utk mengikuti upacara yg berlangsung khidmat tersebut.

Untuk mempersingkat cerita, proses pidato berkepanjangan dari M. Ilmi S.Ag tidak perlu diceritakan di sini karena memang tidak berguna dan tidak mendatangkan inspirasi sama sekali. Singkat kata, upacara selesai, dan koordinator OSIS (entah siapa itu) mengumpulkan rekap absen dari semua sekretaris kelas — termasuk Ririn.

Ririn, ngga sampai hati utk mencoret nama-nama temen-temennya di STI3MATA yang ngga hadir. Karena terlalu banyak yang tidak hadir. 37 orang! Akhirnya, dicawanglah semua siswa yang ada dalam list absensi tersebut. HADIR 100%… Kasian temen2…, besok bisa dihukum secara tidak manusiawi klo sampai keadaan yang sebenarnya dilaporkan apa-adanya.

Tunggul, selaku Ketua Kelas on Duty (karena Ishandy, sang ketua kelas resmi tidak hadir) — memberikan ijin dan dukungan kepada Ririn utk melaksanakan niat mulianya tersebut. Dan ketika dikumpulkan, meminta tandatangan Bu Saragih, wali kelas kami, muncul lagi 1 masalah baru : Bu Saragih ngga ada…

Innalillahi, beliau masih sehat-sehat aja koq.

Iya, maksutnya ngga ada itu, Bu Saragih ngga bs ditemui di dewan guru, atau di UKS, atau di mana aja di setiap inci lahan sekolah ini… — trus gimana donk? Siapa yang memvalidasi bahwa catatan absen itu dibuat dengan sebenar-benarnya dan tanpa merugikan kepentingan 1 pihak pun??

Lagi-lagi, Tunggul dengan bijaknya bersabda :

“Ririn, kita kumpulkan aja tu kertas absen. Untuk urusan bu saragih, gampang. Kita tulis aja di situ : “TERTANDA” — siapa sih di dewan guru yang berani menentang mami kita itu?”

Senin, 29 Oktober 2000

Pak Ilmi S.Ag. MARAH BESAR!!! (waduh… gawat)

Dia memarahi semua siswa-siswa yang ngga datang di upacara Sumpah Pemuda kemaren. Kemarahannya begitu memuncak sampai kata2 yang tidak bermartabat keluar dari bibirnya, seperti : “TIDAK NASIONALIS” atau “PEMALAS” atau “PEMUDA YANG TIDAK BISA DIHARAPKAN BANGSA” — yah, semacam itu lah. Ngga enak di-ingat2 terlalu lama… 😦

Kami, 37 orang siswa 3 IPS 3, para tersangka pelaku pembolosan massal sehari sebelumnya, udah KIMUT-KIMUT mencoba bersembunyi dari amukan pria tambun paruh baya yang bertitel Sarjana Agama dari universitas yang ngga jelas itu… Kami hanya bisa pasrah sampai akhirnya kami dengar beliau berteriak (padahal udah pakae mikropon) bahwa :

CONTOHLAH ANAK-ANAK 3 IPS 3 INI.. MEREKA SERATUS PERSEN DATANG SEMUA PADA UPACARA BENDERA KEMAREN. NGGA MALU KAH KALIAN? SATU KELAS MENUNJUKKAN PENGHARGAAN TERHADAP UPACARA HARI BESAR NASIONAL. KALIAN SEMUA INI HARUS MENCONTOH MEREKA!! ANAK-ANAK 3 IPS 3 INI BISA MENJADI PANUTAN GENERASI PENERUS BANGSA YANG BAIK.

Whazzup????

Kita? Sebagai panutan?

WAKAKAKAKA

Bener itu pak! Setuju!

Emang 3 IPS 3 SANGAT LAYAK utk jadi panutan.

Kita semua adalah generasi penerus bangsa yang mengerti akan pentingnya nilai-nilai luhur bangsa ini, bahwa HARI MINGGU ADALAH HARI LIBUR NASIONAL, ngga peduli itu adalah hari besar nasional.

Salute…

Iklan

Responses

  1. wakakakakak

    saya salah satu yang ga hadir wkt itu..
    maklum hari minggu..apalagi ada pak ilmi..
    dan shrsnya ketua kelas yg plg bertanggung jawab..yaitu Ishandy..

    mana orgnya..yg dihukum dia aja..
    wakakakakak

    Becanda..

  2. Hahahaha… senyum2 sendiri nih baca ini.. kok bisa2nya inget bener kejadian 8tahun yg lalu.

    sama seperti hantu di atas, saya lupa tepatnya kenapa ga bisa dateng… sepertinya memang ada yg ngajak untuk nongkrong2 saja di salah satu pendopo rumah di bilangan pasar segiri (tebak sendiri lah rumah siapa itu!!)

    Tapi, dengan rasa kebanggan yg tinggi, salut nih sama ririn, you are the greatest sis… meski dengan cara yg salah, tapi we’re proud of you.. love u sis..

  3. Ha5… aduh2 aq pe ktawa ktiwi sndiri d dpn monitor…

    iya nii… culaaaass… 😦 kalian pada kmana sih..? Gk tau kan wktu itu aq bingung stengah mati mesti gmn..?

    Klian kan tau aq trmasuk anak yg gk trbiasa utk mlakukan sasuatu yg illegal.. ha3… 😀

    Wiiih.. wktu aq d panggil sama Pak Ilmi itu, dia kan menanyakan ulang bhwa.. bnarkah smua siswa IPS 3 hadir smua..? Y aq jwab az emg bnar adanya sesuai dgn yg ada d absen… uh pdahal hatiku udh kebat kebit gk karuan… secara anak IPS 4 tau bhwa itu gk bnar… hiks.. aq takut ktauan az deh, kali2 anak IPS 4 ada yg nglapor..

    Tapi… thanx God.. qta smua slameeet… he3.. :p
    Lumayan lah bs bangga2in Mami Saragih… ^_^

  4. hehehe,
    buat yg pengen meng-contribute cerita (sebagaimana subtitle blog ini “SEBUAH LEGENDA YANG PERNAH KITA TULISKAN BERSAMA” ~)
    kirimkan ceritanya ke aku :

    rizky@prihanto.web.id

    ato, hubungin aku via YM (prihantovic) untuk dapetin username/password login dari nie blog biar bisa u tulis sendiri ^_^ oke??

    miss u all, buddy…
    (klo udah terkumpul banyak, aku ada ide utk ‘membukukan’ kisah kita ini… siapatau bisa jadi BOX-OFFICE kya Laskar Pelangi) hehehe…

    nghayal mode = on

  5. bahh… kenapa menghayal.. bisa sekali lah itu, kan sos3 sudah banyak tersebar, mulai dari dosen, pengusaha warnet, birokrat, politisi senayan. hacker bawah tanah, pengusaha game center, pegawai negeri sipil yg jujur, sampai mahasiswa abadi.. hahaha

    anak2 kurang banyak nulis nih, harus diangetin lagi memorinya

  6. Fren2 sekalian …

    Berhubung masih dlm suasana Lebaran, aku mo ngucapin Minal Aidin Wal Faizin, maaf bgt2 ya atas semua salah & hilaf di masa lalu.

  7. By the way … aku kok bener2 lupa ya kejadian hari Sumpah Pemuda entu, aku masuk yg nggak turun kah Al?

  8. hehehe..
    wajar sih klo lupa.

    aku aja ingat ntu kejadian juga insidentil. tau2 ingat aja.. ^_^

    ada lagi yg aku ‘samar2’ ingat :
    tentang gandhi yang selalu pindah2 tempat duduk “NGORBIT” ke seputaran daerah Indy.

    dan tentang haswa yang seminggu pertama tahun ajaran baru dia nyoba pindah ke SMA 3 (supaya masuk IPA) tapi ditolak. hwahahaha…

    (ntar klo ada waktu aku tulis deh… tunggu aja tanggal tayang nya)

  9. mana da gitu… aku tadinya mu pindah ke smu 2 karna kejauhan rumahku…

  10. betul itu …
    tdnya aku jg mau commet ky gt…hahaha…

    @eRQee :hehehe..
    wajar sih klo lupa.

    aku aja ingat ntu kejadian juga insidentil. tau2 ingat aja.. ^_^

    ada lagi yg aku ’samar2′ ingat :
    tentang gandhi yang selalu pindah2 tempat duduk “NGORBIT” ke seputaran daerah Indy.

    dan tentang haswa yang seminggu pertama tahun ajaran baru dia nyoba pindah ke SMA 3 (supaya masuk IPA) tapi ditolak. hwahahaha…

    (ntar klo ada waktu aku tulis deh… tunggu aja tanggal tayang nya)

  11. ditunggu qee cerita selanjutnya topiknya yang itu aja..

    @eRQee :hehehe..
    wajar sih klo lupa.

    aku aja ingat ntu kejadian juga insidentil. tau2 ingat aja.. ^_^

    ada lagi yg aku ’samar2′ ingat :
    tentang gandhi yang selalu pindah2 tempat duduk “NGORBIT” ke seputaran daerah Indy.

    dan tentang haswa yang seminggu pertama tahun ajaran baru dia nyoba pindah ke SMA 3 (supaya masuk IPA) tapi ditolak. hwahahaha…

    (ntar klo ada waktu aku tulis deh… tunggu aja tanggal tayang nya)

  12. @niesa : iya sih Ra… kaya’nya loe jg gk msk deh hari itu..

    @eRQee : Q.. bkinin crita dunks yg ttg kjadian ada razia d kelas qta… rasax itu juga s4 jd kasus kan dari Sos-3.. klo gk slh bberapa guru s4 tersinggung gara2 bubuhannya ada yg nyeletuk “maling” saat razia sdg brlangsung.. y Q y smbil d inget2 lg y kjadian itu…

  13. Razia?? umm… yg ada anak ips 2/1 yg ketauan bawa vcd ga jelas itu ya??

    wah, klo hari senin bakal jd nightmare buat bapak ishandy panggabia, soalnya dia harus menjaga jimat perkasa alias rambut indahnya dari sentuhan gunting guru bhs inggris (sapa tuh namanya??)

  14. Hey Nere…secara aku anak IPS-2, bukan kelas kami yang dicurigai bawa vcd gag jelas (hahaha…walo’ mungkin ada aja siy mgk yg punya).
    IPS-2 tu soo…di”tengah-tengah” tak jelas..kaya swing voters pemilu Amrik..hehehe…

  15. aku sampe sekarang ga ingat sumpah pemuda jatuh tanggal berapa ya???
    oya..klo ga salah tanggal 1 November kan???
    btw..ada yg tau kabar Pak Ilmi ga??hehehehe…

  16. lant..lant..

    sumpah pemuda tu tanggal..10 November..
    gmn sih km???
    tanggal 1 November itu sumpah palapa..
    hahahahahaha……..

    &^#%$&^#%…!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: