Oleh: sti3mata | 6 Maret 2008

STI3MATA Hari Pertama

Pagi itu, pukul 06:37, itu merupakan hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang kenaikan kelas. Sekarang kami kelas III SMA, fase terakhir masa remaja sebelum akhirnya “mencar” ke seluruh penjuru bumi. Di papan pengumuman pembagian kelas, setengah aras-arasen aku cari namaku. Gimana enggak, semestinya aku harus masuk kelas IPA — namun apa mau di-kata, nilai Kimia ku di raport cawu 3 kelas II nggak mencukupi, 5. Padahal Matematika 9, Fisika 8, Biologi 7… ** pikirku, “ah mungkin ini tahun terkelam dalam hidupku…”

Kucari-cari lagi namaku di papan pengumuman.. Ouw itu dia : 3 IPS 3! Gotcha! Seingatku, 3 IPS 3 itu kelas di pojok kanan dekat menara tandon air yg bertetanggaan langsung dengan dinding pembatas antara SMA 1 dan SMP 1. Setengah malas, karna emang masih pagi buta, kulangkahkan kakiku ke sana. Sesampai di menara tandon air, aku bingung… label yg tertulis di atas pintu kelas itu bukan 3 IPS 3. Tapi 3 Bahasa… What the f***?! Di mana ruang kelas ku?


Suasana sekolah makin ramai. Satu-per-satu makhluk2 SMUNSA nongol menunjukkan muka-nya. Dan ternyata bukan cuman aku aja yg bingung.. 39 siswa lainnya yang di-karantina dalam daftar siswa 3 IPS 3 tahun ajaran 2000/2001 juga merasakan hal yg sama… “Kita ini dikasih kelas nggak sih? Koq nggak ada…”

Indra Widaryanto, temen-ku di 2-3, eks-pengurus OSIS teraktif, juga calon anak 3 IPS 3, datang menghampiriku. “Q, kyapa nieh kelas kita? Kelas pojok itu skrg kelas 3 Bahasa.”

“Lha bekas kelas 3 Bahasa tahun lalu dipake kelas apa ndra? Kmu ada liat?”

“3 IPS 4”

“Eh, mungkin aja kelas kita di sebelahnya,” sahutku asal..

Awaluddin, bekas temen se-SD ku yg pernah patah kaki kanan, juga calon 3 IPS 3, menimpali, “Nggak kyanya, Q. Soalnya itu kan Lab Kimia yg ngga pernah kepake. Dibuka aja nggak pernah…”

Singkat kata, setelah tanya sana-sini sama Waka Sarana, Wali Kelas, otang2 “penting” di jajaran birokrasi SMU Negeri 1 Samarinda — Lab Kimia yg udah lama *terbengkalai* itu akhirnya diserahkan kuncinya ke kita utk dijadiin kelas.

***

Pintunya rada kaku, maklum udah lama ngga pernah dibuka. Beberapa temen2 mencoba mengintip isi dalam calon ruang kelas kita dari jendela — tapi hasilnya nothing. Debu yang menempel terlalu tebal untuk mengijinkan seberkas cahaya memasuki ruangan itu. Dan ketika dibuka, Innalillahi wa inna ilaihi roojiuun…, baru kali ini aku menemui “debu setebal 1 inchi”. Kupikir itu cuman istilah yg mendramatisasi keadaan yg biasa dipakae di novel-novel picisan…

Seorang cewek manis, ex kelas 2-2 (awalnya malah kupikir dia anak baru, soalnya nyaris ga pernah keliatan tu cewe’ sepanjang karirku jadi tetangganya di 2-3), tag namanya yg tertera di dada kanannya tertulis “INDY ARTANTI” langsung dengan cekatan bermain-main sulak alias kemuching. Aku yg berada di dekat situ langsung bersin-bersin. Tapi, siapa yg enggak? Who doesn’t??

Kelas kami, awalnya isinya meja-meja Lab yg panjang2. dan kursinya kursi lab jg yg kya dingklik agak tinggi. Semua meja dan kursi itu harus kita keluarkan dan diganti dengan meja-kursi kelas reguler. Tu bangku2 ada di sisi belakang sekolah, tepat di belakang kelas 3 Bahasa, IPS 1, dan IPS 2.*huff, hari yg panjang nieh…

Di belakang kelas kami, ada kantin gorengan. Kutengok sedikit sembari membersihkan jendela yg mengarah ke kantin itu, penuh dengan anak-anak kelas lain yg nyantae-nyantae cangkruk’an minum teh dingin n sanggar goreng panas. Sambil kenalan temen-temen baru tentunya.

Kita ?

Kenalan sambil kerja bakti bersihin kelas yg bener2 kotor dan penuh debu.

Samudra Prayitna, temenku yg cukup parlente agak menyesali pilihan busana-nya di hari pertama masuk sekolah. Dia memakai baju seragam baru yg warna putihnya bener2 kinclong bangedd — yang pada akhirnya harus tetep aja kotor coklat2 karna kena debu.

Ada juga Reni Gustantri, cewek yg sebenarnya bisa jadi fotomodel — tak kusangka aku bisa memandang dia dalam situasi yg mungkin ga pernah aku liat lagi selama-lamanya : berpeluh keringat sambil ngelap-ngelap meja dengan kain yg entah dia dapat dari mana.. Ferial Rani, wakil ketua Cheerleader — hmm, dalam hatiku : kelas ini ngga seburuk yg kusangka. Awe-we-nya manis-manis semua, walo cuman 15. Di lembar presensi sebenarnya ada 16, tapi 1 orang pindah ke SMA Malang, Rini Wulandari Subadio.

Menjelang jam 2 siang, waktu pulang, kelas masih belum berbentuk. Kita masih terusin kerja bakti mbersihin semua. Beberapa cewek udah pulang duluan. Bruri jg, dia nganter pulang si Ririn, trus ngomong mo balik tapi ternyata ga balik2… xixixi.

… dan ketika maghrib mulai datang, kelas pun masih belum berbentuk kelas sebagaimana wujud normalnya sebuah kelas harus berbentuk. Bendera merah putih ngga ada, foto presiden & wakil nya ngga ada, garuda pancasila jg ga ada, taplak meja guru ngga ada, kursi-kursi kecil bekas punya Lab masih berceceran beberapa (ada inisiatif tu kursi biarin aja di situ, lumayan bisa berfungsi utk menggelar Tournament Remi Dadakan yang dulu waktu kelas 2 cukup populer di kalangan anak 2-3 ama 2-5)…

… ah biarlah, cukup sampai di sini dulu kita renovasi “kelas” kita. Udah cukup baguslah segini, mengingat kondisi sebelum kita perbaikin JAUH LEBIH PARAH dari ini.. ntar besok2 aja kita benahin lagi…

Kami pulang, dengan membawa segala lelah dan mimpi bahwa esok kita udah mulai bisa belajar di kelas 3 IPS 3. Pulang dengan menyisakan agenda perbaikan ruangan kelas, nambah ini-itu, beli ini itu, tempel ini itu, buang ini itu… (ah ntar aja dipikirkan itu.. gampang laah…)

Manusia boleh berencana, tapi Tuhan jua lah yg memutuskan…

— sampai satu tahun kemudian, ternyata rencana itu teteplah berupa rencana belaka.
3 IPS 3 tidak pernah punya bendera merah putih, tidak pernah masang foto presiden dan wakilnya, juga ngga jadi masang garuda pancasila, taplak meja guru itu pun ngembat punya kelas 2-4, dan kursi-kursi lab kecil itu masih tetep bertebaran di beberapa sudut kelas…

———

eRQee

Iklan

Responses

  1. mana nih cerita2 sambungannya??

  2. Masa sih hari-hari pertama qt di Sos 3 dulu sedramatisir itu, aku kok nggak ingat ya?
    Btw … siapa sih hantu?

  3. Masa’ sih Q..nilai kimia nya dpt 5..??
    E sbnernya aq kan jg bs msk IPA lho Q, tp syng bnget nilai kimia ku dpt 6, hiks… 😦
    Wktu itu guru nya Pak Sinaga…

  4. Ih Q…kok sadis bnget sih bilangin si Awal “bekas” tmen SD…
    Oh iya soir y friend wktu itu aq gk bs ikutan krja bkti sama klian, soale aq kan anggota OSIS yg pnya tgs ngospek anak baru, he3…
    Lha anehnya aq malah kpilih jd sekretaris kan..?

  5. Waah udh pd lupa y klian.. qta kan s4 pnya foto presiden (wkt itu msh Bu Mega )…
    tp trnyata Bu Mega “dilengserkan” oleh QURANNIS saat gk sngaja nendang bola..
    Alhasil… qta smua dijemur sama Pak Ilmi d dpn ruang guru stelah jam istrht, uh mana lg pnas2nya gitu… 😦 msh inget kaan ?

  6. @nissa : yap.. biar ceritanya makin seru gitu ^_^

    waduh… yg itu aku malah udah lupa rin… masa sih dijemur?? kayanya aku ngumpet di tempat stensilan tuh, jadi ga kena hukum

  7. Waah culas ih Nere gk ikut dijemur… masa gk inget sih Nere? Kan kjdiannya tepat sblum istraht siang berakhir, klian tuuh yg suka maen bola d dlm klas… pdhl lapangan lho luasnya kya’ gtu. Qurannis gk sngaja nendang bola k arah dinding, eeh malah kenain foto BuMega, y udh jtuh ay k lantai, trus pecah ay bgkainya. PakIlmi ngamuk2 trus qta d jemur pas d dpn ruang guru, mana pnas bnget, udh gtu malunya itu na yg gk tahan, ha3 😀

  8. Hahaha..jadi mengenang masa lalu..
    Bener lagi kata rinanti qta pernah punya foto presiden n wakil,
    n si presiden yang bernama megawati itu dilengserkan dgn tidak hormat lewat tendangan bola Qurannis..Aq inged bangedd..coz gara itu kan qt dijemur di siang bolong pas istirahat ke2 n diledekin ma orang2 satu sekolahan..:D
    n emang pengalaman hari pertama di sos 3 itu berkesan..gimana nggak temen2qu d kelas laen bisa langsung nyante2 n mulai aktifitas spt biasa, sedangkan qt baru bs mulai kegiatan belajar mengajar hampir seminggu kemudian..gara2 kudu nyulap ‘gudang’ dulu jadi kelas..itupun hari minggu qt kudu kerjabakti lg kan….
    Btw kalian pada dimana aja seh??
    kabarna gmn??

  9. Waaah Ferial yaaa… lg dmn ni skrg..? Aq, Niesa, Shandy, Tunggul, Charlie, Palui, Martha, Yulia, Yulpit, Annur, Indi, Prihti, Haswa, Awal, Idot, Reny, Widy, Qurannis, Faisal, Galant lg d Smd ni. Annur dia buka warnet apa game center gitu y… Yulia udh jd ass.dosen manajemen d Fekon Unmul.. Nisa lg krja jd PNS d kntor Depag kanwil Smd.. Indi lg krja d kntor kjaksaan apa pengadilan tinggi gtu y aq lupa… Shandy lg krja d BankMandiri bgian marketing.. Tunggul udh married n lg nunggu baby born… Haswa jd PNS d kntor pajak Sangatta… Idot krja d kntor kontraktor gitu… Reny kya’nya msh jd resepsionis d Hotel GrandVictoria.. Awal udh married jg… Galant pny t4 bilyard d Tenggarong… aq sndiri krja d kntor BLKI (Balai Latihan Kerja Industri) d Smd…

  10. wah..wahh… sip lah, seneng denger kabar dari temen2 klo dah pada kerja semua..

    Hmm… mudah2an libur natal ntar bisa pulang..

    rin, klo dapet nomernya anak2 sms ya, nmrku masih ada kan?

    fera pa kabar? skrg masih di jogja? aku rencana agustus mau kesana, ada reuni alumni vidatra bontang soalnya, lagian dah lama ga kesana juga..

    Btw, yulia beneran jadi asdos?? ga nyangka nih..

  11. wah pada gak inget nih…kita kan pernah punya foto presiden ma wapres, tapi dilengserkan secara tidak hormat oleh awaludin dengan bola hasil tendangannya..alhasil kita semua dijemur dilapangan sambil mendengarkan pidato bapak kita tercinta ILMI…
    ya itulah 3 ips 3, walaupun satu orang yang berbuat tetapi semua ikut menanggung akibatnya (Sialan kamu WAL!!) hahahahahahaha…kidding prend

  12. Lhoo… Rico gk slh kah..?? Kok Awal sih yg nendang..??! Waahh coba deh d inget2 lg, prasaan dulu yg nendang itu Qurannis lho…

    Heloooo…. tman2 yg lain pny jwbn gk, sapa sih d antara Qurannis sama Awal yg ‘nglengserin’ Bu Mega..?

  13. yag…ampyun kenapa gag pernah
    woro woro sech??????
    klo kelas kita punya web site????

    ato aku yang terlalu asik sendiri…….?????

    sumpah aku gag ingat semuanya…..
    tapi bagian angkat2 kursi ingat banget…

    gimana ga kelas kita dulu cuma seonggok
    ruangan yang pernah jadi lab gag jelas…….

    yang paling aku ingat………
    kejadian yang bikin heboh satu sekolah……….

    ingat gag kalian……………

    kasus “tanda tangan membawa petaka”
    klo aku ingat karena salah satu yang disangka
    suspect….dan penyebab…..

    gimana gag aku termasuk ce yang lumayan badung………..
    secara cuma be dua ma reni, duduk dibarisan co…..
    sebenarnya aku be dua anak baek2…….
    tapi diracuni ma co2 the mas getir…….
    sapa lagi klo gag galant, rico ma faisal…

    kembali kepokok masalah…..
    so waktu itu kita semua di ancam karena
    mencoba main2 ma namanya lembar absen
    yang isinya ttd………
    guru mana yang gag kesel klo lembar absen itu tanda tangan murid bisa ganti 2x dalam sehari……..

    yang bodohnya lagi aku tau gara2 di tangkap ma
    ibu sapa ya?????guru PPKN ato apalah itu……
    sambil nangis…..”ya ampun ida ibu gag nyangka kamu bisa seperti itu”……

    uppssss apalagi nech???
    ternyata tanda tangan…….

    ya…iyalah marah plus nangis…..

    tanda tangannya sebagai berikut :
    (aku bisa tau karena abjad terakhir, yang ngerasa ngaku aja ya)

    1. nama pemain bola yang tiap hari ganti..
    2. kata2 yang ehem sori rada dirty….
    3. s***k
    4. f***k
    5. jawaban yang no …. apa?

    yang bikin parah itu pake pulpen terus di hapus pake “tip-ex”

    ya… kita bisa maklum secara taon segitu hape
    barang mahal cuma be2rapa orang yang punya….
    jadilah itu kertas sarana komunikasi karena pasti di edarin kepwnjuru kelas……

    itu kejadian cawu berapa ya????
    aku lupa……….

  14. kayaknya ada yang mesti dikoreksi ferial bukan wakil ketua cheerleaders… secara aku juga anggota dan yang termasuk senior daripada ferial…….karena ferial hasil searching kita…………

    sori fei (ferial-red) kudu di klarifikasi ntar yang wakil beneran marah lage…….

  15. huekk.. yg bener dot dulu kamu ikutan cheerleader? ga pernah liat?

    anyway.. langsung curhat nih, sekali masuk disini langsung nulis panjaaaaanngg banget…hahaha

    umm.. aku dulu klo ga salah nulis muha nyawa sama b*tch ..ahh.. bego banget sih dulu… jadi dimarahin mami saragih, sambil diancem mo dikeluarin lagi..

    knapa dulu aku bisa terprovokasi yah… hihihi

    ntar absen ya, kalian semua dulu ngisi apa di daftar absennya

  16. idot kalap tuh…panjang amat!! hihihihi…
    maaf saudara2 saya disini hanya ingin mengklarifikasi tuduhan saudari idot bahwa saya, galant dan faisal adalah orang yang membawa kesesatan bagi idot dan tantri…itu sama sekali TIDAK BENAR!!!! FITNAH!!!

    mungkin galant atau faisal benar telah menyesatkan mereka…tapi SAYA!! saudara-saudara….sesungguhnya saya hanya…..

    adalah orang yang memerintahkan galant dan faisal untuk meyesatkan mereka…sekian
    hahahahahahahahha…no hearth filling dot…

  17. bukan cuma kalap, tapi juga kesel ma kalian yang co2 ga pernah cerita kita punya website.

    0o0o0o0ooooo jadi kamu ya rico yang bikin
    aku kayak sekarang ini???????

    tanggung jawab!!!!!!!!

    kamu sekarang liat dong hasil dari perbuatanmu dulu……..

    apaaan ya???

  18. Clover Leaf..? Ini sapa y..? Kok gk pke nama az..?
    Ah idot mah telat atuuh… kmaren aq udh smsin tpi eeh failed sms nya, idot siih gnti no gk woro2…
    Oia Dot, klo aq slh ksh info soal job tlg diklarifikasi y, he5..

  19. umm.. klo liat tulisannya kayanya clover leaf itu si reny.. am i right?

  20. ini idot……….
    zuraidah………..
    masa gag kenal sech………….

    hiks……..hiks………….hiks…..

  21. halah.. makanya pake idot aja biar jelas.. hahaha

  22. lupa semua sudah aku..

    maaf..

  23. @haswa : lupa apanya bung? kan baru 7tahun??

  24. $&^^&*^)*&*%&*$%$>>>>>&*^&%^$%

    ahh.. kenapa aku ini…

    gak tau… kebanyakan yg dipikir…. untuk hidup… untung kita pernah sekolah…
    bersenang-senang…
    sekedar menunda untuk memikirkan hidup ini..

    hidup ini indah…

    tapi terlalu sulit untuk dipikirkan…

    ahh….

    kenapa aku ini…….

  25. Kenapa sih Haswa, depresi kah? Berat bgt ya beban hidup yg lg di jlnin, turut berduka deh.

  26. haha.. niesa ini memang pedas ya.. pantes dikenal sbg “cabe rawit dari sos 3″…

    @ niesa : Kenapa sih Haswa, depresi kah? Berat bgt ya beban hidup yg lg di jlnin, turut berduka deh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: